JURNAL NO.7
Cara belajar menurut matters
Richard M. Felder (1996) Matters of Style. ASEE Prism, 6(4),
18-23
Banyak
orang memiliki
berbagai tingkat motivasi, banyak sikap yang berbeda
tentang pengajaran dan pembelajaran, dan tanggapan yang berbeda untuk spesifik
lingkungan kelas dan praktik instruksional. Semakin
benar-benar instruktur memahami perbedaan, semakin baik
kesempatan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.
tentang pengajaran dan pembelajaran, dan tanggapan yang berbeda untuk spesifik
lingkungan kelas dan praktik instruksional. Semakin
benar-benar instruktur memahami perbedaan, semakin baik
kesempatan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.
Ada
tiga macam kategori
yang telah terbukti,diantaranya
memiliki implikasi penting untuk mengajar dan belajar adalah
perbedaan dalam gaya belajar siswa (cara karakteristik
mengambil dan memproses informasi), pendekatan untuk pembelajaran
Tingkat pembangunan (permukaan, dalam, dan strategis), dan intelektual
(Sikap tentang sifat pengetahuan dan bagaimana seharusnya
diperoleh dan dievaluasi). Artikel ini meninjau model yang memiliki
dikembangkan untuk masing-masing kategori, menguraikan mereka
implikasi pedagogis, dan menunjukkan area untuk studi lebih lanjut.
Kata kunci: gaya belajar, pendekatan untuk belajar, intelektual
pengembangan,
memiliki implikasi penting untuk mengajar dan belajar adalah
perbedaan dalam gaya belajar siswa (cara karakteristik
mengambil dan memproses informasi), pendekatan untuk pembelajaran
Tingkat pembangunan (permukaan, dalam, dan strategis), dan intelektual
(Sikap tentang sifat pengetahuan dan bagaimana seharusnya
diperoleh dan dievaluasi). Artikel ini meninjau model yang memiliki
dikembangkan untuk masing-masing kategori, menguraikan mereka
implikasi pedagogis, dan menunjukkan area untuk studi lebih lanjut.
Kata kunci: gaya belajar, pendekatan untuk belajar, intelektual
pengembangan,
Kepercayaan
ini salah satu menunjukkan bahwa distribusi nilai yang meninggalkan
kurikulum teknis pada dasarnya sama dengan distribusi
orang-orang yang tinggal masuk Sementara banyak dari mereka yang putus melakukannya karena
kesulitan akademik , banyak orang lain adalah mahasiswa yang baik yang meninggalkan
karena ketidakpuasan dengan instruksi mereka , fakta dibuat
grafis jelas dalam komentar yang dikutip oleh Seymour dan Hewitt .
Keluhan fakultas tentang siswa yang tetap dalam rekayasa.
kurikulum teknis pada dasarnya sama dengan distribusi
orang-orang yang tinggal masuk Sementara banyak dari mereka yang putus melakukannya karena
kesulitan akademik , banyak orang lain adalah mahasiswa yang baik yang meninggalkan
karena ketidakpuasan dengan instruksi mereka , fakta dibuat
grafis jelas dalam komentar yang dikutip oleh Seymour dan Hewitt .
Keluhan fakultas tentang siswa yang tetap dalam rekayasa.
Tetapi mereka tidak tahu bagaimana untuk berpikir!
"Namun,
kebanyakan departemen teknik memiliki satu atau lebih anggota fakultas
yang berhasil mendapatkan banyak dari mereka siswa yang sama untuk tampil di sangat
tingkat tinggi, menampilkan tingkat pertama pemecahan masalah dan kritis
dan keterampilan berpikir kreatif. Kekurangan keterampilan yang diamati dalam rekayasa
kebanyakan departemen teknik memiliki satu atau lebih anggota fakultas
yang berhasil mendapatkan banyak dari mereka siswa yang sama untuk tampil di sangat
tingkat tinggi, menampilkan tingkat pertama pemecahan masalah dan kritis
dan keterampilan berpikir kreatif. Kekurangan keterampilan yang diamati dalam rekayasa
Macam-Macam Pengembangan Diri dalam Pembelajaran.
Ø Pendekatan dalam belajardanOrientasiuntukBelajar.
Siswamungkin cenderung untukmendekatiprogram merekadi salah satu
tiga cara[8]. Mereka denganorientasireproduksicenderung
mengambil pendekatanpermukaanuntuk belajar,mengandalkanhafalan
dan formulasubstitusimekanikdan membuatsedikit atau
tidak
upaya untukmemahami materiyang diajarkan. mereka dengan
sebuah
berartiorientasicenderungmengadopsi pendekatanyang mendalam, menyelidik
dan mempertanyakandan mengeksplorasibatas-bataspenerapanbaru
material.Mereka denganorientasimencapaicenderung menggunakan
pendekatan strategis, melakukanapapun yang diperlukan untukmendapatkantertinggi
kelasmereka bisa, mengambil pendekatanpermukaanjika itusudah cukupdan
sebuah
Pendekatanyang mendalambila diperlukan. Tujuaninstruksiharus
menjadi
untuk mendorongsiswa untukmengadopsi pendekatanyang mendalam untukmata pelajaran yang
adalah
pentinguntuk pengembanganprofesional ataupribadi mereka.
Siswamungkin cenderung untukmendekatiprogram merekadi salah satu
tiga cara[8]. Mereka denganorientasireproduksicenderung
mengambil pendekatanpermukaanuntuk belajar,mengandalkanhafalan
dan formulasubstitusimekanikdan membuatsedikit atau
tidak
upaya untukmemahami materiyang diajarkan. mereka dengan
sebuah
berartiorientasicenderungmengadopsi pendekatanyang mendalam, menyelidik
dan mempertanyakandan mengeksplorasibatas-bataspenerapanbaru
material.Mereka denganorientasimencapaicenderung menggunakan
pendekatan strategis, melakukanapapun yang diperlukan untukmendapatkantertinggi
kelasmereka bisa, mengambil pendekatanpermukaanjika itusudah cukupdan
sebuah
Pendekatanyang mendalambila diperlukan. Tujuaninstruksiharus
menjadi
untuk mendorongsiswa untukmengadopsi pendekatanyang mendalam untukmata pelajaran yang
adalah
pentinguntuk pengembanganprofesional ataupribadi mereka.
Ø Pengembangan
Intelektual . Kebanyakan siswa mengalami perkembangan yang
perkembangan dari keyakinan dalam kepastian pengetahuan
dan kemahatahuan dari pihak berwenang untuk pengakuan
ketidakpastian dan sifat kontekstual pengetahuan ,
penerimaan
tanggung jawab pribadi untuk menentukan kebenaran ,
kecenderungan
dan kemampuan untuk mengumpulkan bukti-bukti pendukung untuk
penilaian ,
dan keterbukaan untuk berubah jika bukti baru yang akan datang .
Pada tingkat perkembangan tertinggi biasanya terlihat pada
perguruan tinggi
siswa ( tapi tidak dalam banyak dari mereka ) , individu menampilkan
pola berpikir menyerupai orang-orang dari ilmuwan ahli
dan
insinyur . Tujuan instruksi harus untuk memajukan
siswa
ke tingkat pada saat mereka lulus .
Pada artikel ini , kita menguraikan model preferensi gaya belajar siswa ,
orientasi untuk belajar , dan tingkat perkembangan intelektual ;
meninjau implikasi dari model untuk pendidikan teknik ;
dan menyarankan jalan untuk studi masa depan yang menjanjikan . sebelum melakukan
jadi ,
kita secara singkat membahas topik instrumen validasi penilaian,
sebuah
masalah penelitian sentral untuk semua tiga domain keragaman ini .
perkembangan dari keyakinan dalam kepastian pengetahuan
dan kemahatahuan dari pihak berwenang untuk pengakuan
ketidakpastian dan sifat kontekstual pengetahuan ,
penerimaan
tanggung jawab pribadi untuk menentukan kebenaran ,
kecenderungan
dan kemampuan untuk mengumpulkan bukti-bukti pendukung untuk
penilaian ,
dan keterbukaan untuk berubah jika bukti baru yang akan datang .
Pada tingkat perkembangan tertinggi biasanya terlihat pada
perguruan tinggi
siswa ( tapi tidak dalam banyak dari mereka ) , individu menampilkan
pola berpikir menyerupai orang-orang dari ilmuwan ahli
dan
insinyur . Tujuan instruksi harus untuk memajukan
siswa
ke tingkat pada saat mereka lulus .
Pada artikel ini , kita menguraikan model preferensi gaya belajar siswa ,
orientasi untuk belajar , dan tingkat perkembangan intelektual ;
meninjau implikasi dari model untuk pendidikan teknik ;
dan menyarankan jalan untuk studi masa depan yang menjanjikan . sebelum melakukan
jadi ,
kita secara singkat membahas topik instrumen validasi penilaian,
sebuah
masalah penelitian sentral untuk semua tiga domain keragaman ini .
Gaya belajar,kebanyakan gaya
belajar seseorang
berbeda,
istimewa
berfokus padaberbagai jenis informasi dan cenderung untuk beroperasi
informasi yang dirasakandengan cara yang berbeda. Untuk mengurangi
erosi
dan meningkatkanpengembangan keterampilandi bidang teknik, instruksi
harus
dirancang untukmemenuhi kebutuhan dalam gaya belajar seseorang.
berfokus padaberbagai jenis informasi dan cenderung untuk beroperasi
informasi yang dirasakandengan cara yang berbeda. Untuk mengurangi
erosi
dan meningkatkanpengembangan keterampilandi bidang teknik, instruksi
harus
dirancang untukmemenuhi kebutuhan dalam gaya belajar seseorang.
JURNAL NO.5
CARA BELAJAR DAN MENGAJAR DALAM LINGKUNGAN
PENDIDIKAN
Richard M. Felder (1993) Learning and Teaching Styles in
College Science Education Journal
College Science Teaching, 23(5), 286-290.
Kebanyakan siswa memiliki kecenderungan untuk gaya
sensing, visual, dan aktif belajar . Namun, sebagian besar perguruan tinggi
kursus mengikuti gaya
mengajar kuliah ( Felder dan Soloman , 1999) yang berpihak persentase kecil, siswa
yang intuitif , verbal, reflektif , dan berurutan .Apa yang terjadi ketika
siswa gaya belajar tidak cocok profesor ' gaya mengajar ? Mampu menjawab. Styles
dan Strategi , menggambarkan bagaimana siswa dapat beradaptasi dengan gaya
mengajar instruktur mereka . Dengan menggunakan beberapa ini
saran , siswa dapat membuat
sebagian besar kemampuan belajar mereka di setiap kelas yang mereka hadiri .Setelah
siswa menentukan gaya belajar mereka , mereka harus sepenuhnya memahami
implikasi untuk penggunaan terbaik
PENGINDERAAN dan PEMBELAJAR INTUITIF :
Apakah mereka lebih suka bekerja dalam kelompok,atau menghabiskan
terlalu banyak waktu dan mencerminkan mungkin tidak pernah menyelesaikannya
.Bagaimana mereka dapat membantu diri mereka sendiri ketika pembelajar aktif
menemukan dirinya dalam sebuah kelas yang memiliki sedikit waktu untuk diskusi
atau pemecahan masalah , atau kapan. pembelajar reflektif dalam kelas yang
memungkinkan sedikit waktu untuk berpikir tentang informasi baru Belajar dalam
kelompok dan mencoba menerka pertanyaan yang akan diajukan pada tes . menemukan
cara untuk melakukan sesuatu dengan informasi yang mereka terima.Mereka tidak
hanya menghafal sementara belajar , tetapi cobalah untuk meninjau apa yang
mereka telah membaca , berpikir mungki pertanyaan dan aplikasi . mereka menulis
ringkasan pendek dari pembacaan dan catatan kelas dalam kata-kata mereka sendiri
. Apa yang mereka lakukan dengan baik ? Administrasi dan tim berorientasi pekerjaan
proyek .Penelitian individu dan desain .
Yang merupakan jenis yang paling umum Kebanyakan orang
belajar lebih baik secara visual . Kebanyakan kursus diajarkan secara lisan
.mereka dapat membantu diri mereka sendiri untuk pelajar visual ketika kursus didominasi
verbal, atau untuk pembelajar lisan ketika kursus adalah terutama penglihatan
perbedaan dalam cara-cara yang siswa belajar . Jika
instruktur tidak dapat membenarkan perubahan dalam gaya mereka sendiri mengajar
, mereka
harus membantu siswa mereka memahami bagaimana
beberapa gaya belajar dapat disesuaikan dengan gaya mereka sendiri mengajar .
ini adalah di mana perbedaan antara pengajaran ilmiah dan beasiswa belajar
menjadi jelas .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar